Friday, March 16, 2012

uprak b ind


Selamat siang dan salam sejahtera.
Yang terhormat kepala SMA Negeri 1 Depok, Bapak Riswiyanto.
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru serta karyawan SMA Negeri 1 Depok, dan teman-teman yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka seminar kesehatan untuk memperingati hari ulang tahun SMA Negeri 1 Depok yang ke 34. Dalam seminar ini saya akan memaparkan tentang penyakit demam berdarah.
Hadirin dan teman-teman yang berbahagia tentunya tahu bahwa di musim pancaroba dan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini berbagai macam penyakit dengan mudah dapat menyerang kita semua. Salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Hadirin dan teman-teman pasti sudah sering mendengar tentang penyakit ini atau bahkan pernah menderita penyakit ini.
Penyakit demam berdarah adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk. Nyamuk yang menjadi vektor virus ini adalah nyamuk Aedes aegypti. Namun, di Hongkong penyakit ini ditularkan oleh species lain yaitu nyamuk Aedes albopictus.
Penyakit demam berdarah ini biasa ditemukan di daerah tropis maupun daerah sub-tropis. Penyakit ini menjangkit luas di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia penyakit ini bahkan menjadi salah satu penyakit yang angka kematian penderitanya cukup tinggi.
Penyakit demam berdarah umumnya ditandai dengan demam tinggi secara mendadak, sakit kepala hebat, rasa sakit di belakang mata, nyeri otot dan sendi, hilangnya nafsu makan, dan mual-mual. Demam berdarah yang lebih parah ditandai dengan demam tinggi yang bisa mencapai suhu 40-41o C selama dua sampai tujuh hari. Masa inkubasi/masa tunas virus ini berlangsung selama 3-15 hari. Namun, pada umumnya berlangsung selama empat sampai tujuh hari.
Penyakit demam berdarah mempunyai empat macam jenis virus dengue, yaitu:
1.      Bentuk abortif
Penderita tidak merasakan suatu gejala apapun.
2.      Dengue klasik
Penderita mengalami demam tinggi selama empat sampai tujuh hari, nyeri pada tulang serta diikuti timbulnya bercak-bercak merah pada kulit penderita.
3.      Demam berdarah dengue
Penderita mengalami gejala yang sama dengan dengue klasik dan disertai pendarahan di hidung, mulut, dubur dan sebagainya.
4.      Dengue syok sindrom
Gejala yang dialami penderita sama dengan gejala yang dialami penderita demam berdarah dengue ditambah dengan syok/presyok yang dapat mengakibatkan kematian.
Hadirin yang berbahagia, setelah terinfeksi oleh salah satu dari keempat jenis virus di atas, tubuh akan kebal terhadap virus tersebut. Akan tetapi tidak menjamin kekebalan terhadap tiga virus lainnya. Sehingga orang yang pernah menderita penyakit demam berdarah masih bisa terkena penyakit itu di kemudian hari.
Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit demam berdarah.Sampai saat ini belum ada vaksin yang tersedia untuk penyakit demam berdarah. Obat-obatan yang diberikan pun hanya dapat meringankan demam dan rasa sakit. Penderita sebaiknya segera dirawat dan dijaga jumlah cairan tubuhnya agar tidak mengalami dehidrasi.
Merujuk hasil penelitian dari Fakultas Kedokteran Unair dengan BPOM, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah hingga 100.000 milimeter per kubik tanpa efek samping. Peningkatan tersebut diperkirakan dapat tercapai dalam waktu 8-48 jam setelah ekstrak daun jambu biji dikonsumsi. Dengan penanganan yang tepat dan segera, tingkat kematian tidak mencapai 1%.
Hadirin yang berbahagia, agar terhindar dari penyakit demam berdarah sebaiknya kita melakukan cara-cara preventif/pencegahan. Memasuki masa pancaroba seperti saat ini sebaiknya kita membersihkan lingkungan agar nyamuk tidak dapat berkembang biak dan memasang obat nyamuk atau memakai obat penangkal nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk. Kita juga harus menjaga pola makan dan berolahraga agar tubuh kita selalu dalam keadaan sehat.
Demikian uraian tentang penyakit demam berdarah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila ada kurangnya saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak/Ibu guru dan teman-teman, saya ucapkan terima kasih.







Nama      : Kristin Agustina Pratiwi
Nomor     : 051

0 comments:

Post a Comment