Thursday, March 15, 2012

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM PERILAKU INDUK AYAM MENGERAMI TELUR


LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM
PERILAKU INDUK AYAM MENGERAMI TELUR


 

Oleh :
Nama   : Kristin Agustina Pratiwi
NIM      : 11303241033
Prodi    : Pendidikan Kimia



JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011
PERILAKU INDUK AYAM MENGERAMI TELUR

A.     TUJUAN
Mengetahui perilaku induk ayam pada saat mengerami telur.

B.     LATAR BELAKANG
Ayam merupakan hewan yang mudah dikembang biakkan. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Ayam melakukan perkembang biakkan untuk mempertahankan jenisnya. Ayam ada beberapa jenis, antara lain ayam petelur, ayam pedaging, dan ayam buras (bukan ras) atau ayam kampung. Ayam kampung merupakan salah satu jenis ternak unggas yang telah memasyarakat dan tersebar di seluruh pelosok nusantara. Bagi masyarakat Indonesia, ayam kampung sudah bukan hal asing lagi.
Nama ilmiah untuk ayam kampung adalah Gallus gallus domesticus. Praktikan memilih ayam kampung sebagai obyek percobaan perilaku dikarena bahan dari percobaan ini mudah didapatkan. Dalam percobaan ini praktikan akan meneliti perilaku ayam kampung pada saat mengerami telurnya. Hal ini dikarenakan ayam berkembang biak dengan bertelur. Bahan percobaan  yang terdiri dari telur ayam dan induk ayam yang terdapat di rumah praktikan. Selain itu pengamatan dengan media ayam kampung lebih mudah dilakukan karena ayam bukan binatang buas, selain itu perilaku ayam pada saat mengerami telur mudah diamati asalkan tidak mengganggu aktivitas pengeraman ayam.
Dalam proses perkembang biakkannya ayam tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses pengeraman telur ayam hanya memakan waktu 21 hari. Pengamatan ini pun tidak terpengaruh cuaca yang sekarang ini tidak baik karena memasuki musim penghujan.

C.     LANDASAN TEORI
Perilaku adalah aktivitas suatu organisme akibat adanya suatu stimulus. Dalam mengamati perilaku, kita cenderung untuk menempatkan diri pada organisme yang kita amati, yakni dengan menganggap bahwa organisme tadi melihat dan merasakan seperti kita. Ini adalah antropomorfisme (Y: anthropos = manusia), yaitu interpretasi perilaku organisme lain seperti perilaku manusia. Semakin kita merasa mengenal suatu organisme, semakin kita menafsirkan perilaku tersebut secara antropomorfik.
Seringkali suatu perilaku hewan terjadi karena pengaruh genetis (perilaku bawaan lahir atau innate behavior), dan karena akibat proses belajar atau pengalaman yang dapat disebabkan oleh lingkungan. Pada perkembangan ekologi perilaku terjadi perdebatan antara pendapat yang menyatakan bahwa perilaku yang terdapat pada suatu organisme merupakan pengaruh alami atau karena akibat hasil asuhan atau pemeliharaan, hal ini merupakan perdebatan yang terus berlangsung. Dari berbagai hasil kajian, diketahui bahwa terjadinya suatu perilaku disebabkan oleh keduanya, yaitu genetis dan lingkungan (proses belajar), sehingga terjadi suatu perkembangan sifat.
Ayam bukan ras atau ayam hutan biasa disebut buras merupakan jenis unggas yang masih bersifat alami (belum mendapatkan perbaikan secara genetis). Ayam buras merupakan salah satu hewan ternak lokal yang tersebar luas di Indonesia dan umumnya dipelihara oleh petani pedesaaan.
Ayam buras terdiri atas empat spesies ayam hutan yang digolongkan dalam genus Gallus, yakni:
1.    Ayam hutan merah (Gallus gallus lineaus)
2.    Ayam hutan cylon (Gallus lavayetti lesson)
3.    Ayam hutan abu-abu (Gallus soneretti temnick)
4.    Ayam hutan hijau (Gallus varius shaw)
Ayam hutan hijau juga dikenal dengan nama ayam hutan jawa (Gallus furcatur atau Gallus vanicus) yang terdapat di Pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya. Lalu para penemu dan pemelihara ayam-ayam liar tersebut menjinakkan dan mengembang biakkannya sehingga muncullah ayam-ayam piaraan yang dikenal dengan nama ayam buras (Aminudin, 2006).
Ayam buras disebut juga ayam kampung (Gallus gallus domesticus) karena ayam ini sejak zaman dahulu sampai sekarang umumnya dipelihara oleh orang-orang kampung secara liar atau ekstensif(dibiarkan berkeliaran).
Reproduksi merupakan salah satu kemampuan hewan yang sangat penting. Tanpa kemampuan berreproduksi maka suatu jenis hewan akan punah. Oleh karena itu perlu dihasilkan sejumlah besar individu baru yag akan mempertahankan jenis dari suatu hewan. Proses pembentukan individu inilah yang disebut dengan reproduksi.
Reproduksi dapat terjadi secara generatif maupun vegetatif. Reproduksi secara vegetatif tidak melibatkan proses pembentukan gamet. Sedangkan proses reproduksi secara generatif diawali dengan pembentukkan gamet. Di dalam gamet terkandung unit hereditas (faktor yang diturunkan) yang disebut gen. Gen berisi sejumlah besar kode informasi hereditas yang sebenarnya terletak pada DNA.
Pembuahan adalah penyatuan antara sel gamet (sel kelamin) jantan dan betina. Proses pembuahan akan menghasilkan zigot. Proses pembuahan dapat terjadi secara eksternal (di luar tubuh) maupun secara internal (di dalam tubuh). Jika ovum dibuahi di luar tubuh induk, embrio pada umumnya berkembang di luar tubuh induknya juga. Dalam keadaan demikian, embrio memperoleh seluruh makanan yang diperlukan dari cadangan makanan yang telah tersedia di dalam ovum/telur. Namun, kondisi lingkungan di luar tubuh sering kali tidak sesuai dengan kondisi yang diperlukan untuk perkembangan embrio yang maksimal. Untuk itu, induk hewan pada umumnya menyiapkan sarang khusus untuk menyimpan dan mengerami telur mereka. Dengan demikian, tercipta keadaan lingkungan yang mendukung pembentukan individu baru. Di dalam telur yang dierami, embrio berkembang di dalam bungkus telur yang biasanya terdiri dari beberapa lapis. Apabila perkembangan embrio telah selesai, hewan muda akan keluar dari dalam cangkang/bungkus telur melalui proses menetas. (Wiwi Isnaeni, 2006)
Hal tersebut juga terjadi pada ayam. Ayam berkembang biak dengan bertelur dan induk ayam mengerami telurnya selama 21 hari sampai telurnya menetas. Induk ayam hanya dapat menghasilkan 8-10 butir sekali bertelur sehingga induk ayam hanya dapat menetaskan 8-10 telur dalam sekali penetasan. (Sukanto dan Sugeng H. R., 2001)
Selama proses pengeraman, tempat pengeraman telur terbuat dari rumput kering atau jerami kering. Suhu pada saat pengeraman berlangsung kira-kira berkisar antara 43-44o C. Sedangkan ketika didinginkan sekitar 28-32o C. Menurut Seno Sastroamidjojo (1971) gelaja ayam ketika akan mengeram adalah ayam tetap berada di dalam sangkar pada siang hari maupun pada malam hari, dada ayam agak gundul dikarenakan bulunya rontok, ayam mengeluarkan suara khas (kluk-kluk-kluk), Menegakkan bulunya bila didekati orang atau apapun juga serta siap mematuk, berat badan ayam berkurang, tahi agak encer, cuping telinga menjadi pucat warnanya, dan gelisah serta berkotek terus menerus.

D.     METODE
1.    Tempat dan Waktu
Tempat           : kandang ayam
Hari, tanggal   : Kamis, 3 November 2011 – 16 November 2011
Waktu             : menyesuaikan
2.    Alat dan Bahan
Alat       : alat tulis dan catatan.
Bahan  :  induk ayam kampung dan telur ayam kampung.
3.    Prosedur
a.    Mengamati objek pengamatan
b.    Membuat tabel pengamatan
c.    Mengidentifikasi perilaku ayam saat mengerami telur
d.    Mencatat hasil pengamatan
e.    Menyimpulkan hasil pengamatan

E.     HASIL DAN PEMBAHASAN
Judul dari praktikum yang dilakukan pada hari Kamis, 3 November 2011 sampai dengan 16 November 2011 ini adalah perilaku ayam mengerami telur. Tujuan dari percobaan perilaku ayam mengerami telur yang dilakukan ini adalah mengetahui perilaku ayam pada saat mengerami telur. Alat  yang digunakan dalam percobaan ini adalah alat tulis dan catatan. Sedangkan bahan yang dipergunakan dalam percobaan ini adalah induk ayam kampung dan telur ayam kampung. Langkah kerja yang dilakukan selama percobaan adalah mengamati objek pengamatan, yaitu induk ayam kampung yang sedang mengerami telurnya, kemudian praktikan membuat tabel pengamatan berdasarkan hasil yang telah diamati oleh praktikan. Praktikan kemudian mengidentifikasi perilaku induk ayam kampung pada saat mengerami telur. Praktikan lalu memcatat hasil pengamatan derta menyimpulkan hasil pengamatan.
Tabel Pengamatan :
No.
Hari, tanggal
Perilaku
1.
Kamis, 3 November 2011
Induk ayam mengerami telur dengan menghadap ke arah barat.
2.
Jumat, 4 November 2011
Induk ayam mengerami telur dengan menghadap ke arah timur
3.
Senin, 7 November 2011
Induk ayam mengerami telur dengan tubuh mengembang melingkupi seluruh telurnya.
4.
Kamis, 10 November 2011
Induk ayam mengerami telur dengan menghadap ke arah barat.
5.
Jumat, 11 November 2011
Induk ayam mengerami telur dengan menghadap ke arah barat daya.
6.
Sabtu, 12 November 2011
Induk ayam turun dari tempat pengeraman telur, menjadi agresif.
7.
Minggu, 13 November 2011
Induk ayam turun dari tempat pengeraman, mandi tanah, setelah kembali ke tempat pengeraman `menghadap ke arah timur.
8.
Senin, 14 November 2011
Induk ayam mengerami telur dengan menghadap ke arah timur.
9.
Selasa, 15 November 2011
Induk ayam turun dari tempat pengeraman, agresif, mematuki diri sendiri.
10.
Rabu, 16 November 2011
Induk ayam jongkok di samping telur.

Setiap hewan pasti melakukan perkembang biakkan atau reproduksi untuk meneruskan keturunannya. Pada hewan proses perkembang biakkan ini terdiri atas 3 cara perkembang biakkan, yaitu vivipar (bunting/mengandung anaknya/beranak), ovipar (bertelur), dan ovovivipar (mengembangkan telur di dalam tubuh induknya). Ayam kampung (Gallus gallus domesticus) merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Setelah bertelur, ayam akan mengalami proses pengeraman agar telur berkembang menjadi embrio dan kemudian embrio berkembang menjadi anak ayam ( DOC/ day old chick). Proses pengeraman ayam ini biasanya memakan waktu selama 21 hari. Karena proses pengeraman yang relatif singkat ini maka praktikan memilih proses pengeraman ini sebagai bahan pengamatan.
Untuk menjaga kestabilan suhu pada saat pengeraman ayam selalu bergerak atau bergeser. Hal ini terjadi saat 5-6 hari pertama pengeraman. Hal ini dibuktikan pada saat pengamatan. Pada hari kamis, 3 November 2011 dan kamis, 10 November 2011 induk ayam yang mengerami telur menghadap ke arah barat.  Sedangkan pada hari jumat, 4 November 2011 dan senin, 14 November 2011 induk ayam mengerami telur dengan menghadap ke arah timur. Pada hari jumat, 11 November 2011 induk ayam mengerami telur dengan menghadap ke arah barat daya. Induk ayam melakukan pergeseran posisi tubuhnya ini untuk menyamakan suhu setiap butir telur. Hal ini dimaksudkan agar metabolisme seluruh telur berlangsung dengan baik sehingga seluruh telur dapat menetas menjadi anak ayam.

Tidak sampai 5 jam induk ayam akan bergeser atau bergerak lagi untuk menyamakan suhu telur. Apabila suhu terlalu panas maka telur yang dierami akan dibalik dengan kepala dan leher induk ayam supaya setiap bagian telur memiliki suhu yang sama. Selain itu, proses pembalikan telur ini bertujuan untuk melawan gaya gravitasi sehingga embrio di dalam telur tetap baik. Proses pembalikan telur ini biasanya dilakukan tiga kali dalam sehari. Proses pembalikan telur ini bergantung kepada peningkatan suhu di dalam telur.

Ayam turun dari sarang atau tempat pengeraman untuk mencari makan. Hal ini biasa terjadi pada hari ke-15 atau hari ke-16 ke atas. Ayam turun dari tempat pengeraman juga untuk mendinginkan telur-telur yang sedang mengalami tingkat metabolisme tinggi akibat perkembangan embrio. Tingginya tingkat metabolisme yang dialami oleh telur ini mengakibatkan suhu telur menjadi tinggi sehingga telur menjadi panas. Semakin lama proses pengeraman maka tingkat metabolisme telur akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya suhu akibat dari proses metabolisme telur ini maka menjelang hari-hari akhir pengeraman induk ayam semakin sering turun dari tempat penetasan untuk mendinginkan suhu telur. Karena jika suhu telur terlalu tinggi, embrio yang ada di dalam telur bisa mati. Suhu pada saat pengeraman biasanya berkisar antara antara 43-44o C. Sedangkan ketika didinginkan suhunya turun dan menjadi sekitar 28-32o C.
Ayam yang turun dari tempat pengeraman biasanya menjadi agresif. Hal ini dikarenakan induk ayam melindungi diri dari musuh atau predator. Induk ayam menjadi agresif agar tetap dapat mengerami telurnya  hingga telurnya menetas. Ciri-ciri dari induk ayam yang agresif adalah mengembangkan bulunya dan bersiap menyerang musuh yang mengganggu. Di dalam pengamatan praktikan menjumpai bahwa induk ayam ini sempat akan bertarung dengan ayam lainnya pada saat sedang mencari makan ketika turun dari kandang.


Ketika sedang turun dari kandang, ayam biasanya juga melakukan mandi tanah. Setelah mandi tanah, ayam biasanya mencari tempat yang lebih bersih untuk mengibas-ibaskan tanah yang masih menempel di tubuhnya. Namun sayangnya praktikan tidak mendapatkan hasil foto secara langsung karena ketika akan difoto ayam lari dan praktikan hanya mendapatkan foto tempat ayam mandi tanah.

Selain itu praktikan juga mengamati perilaku ayam yang mematuki dirinya sendiri ketika sedang turun dari kandang. Perilaku yang mandi tanah dan mematuki tubuhnya ini mungkin terjadi karena kebersihan kandang yang kurang sehingga banyak serangga kecil (gurem) yang terdapat di dalam kandang yang membuat induk ayam merasa gatal dan tidak nyaman.
Pada hari terakhir pengamatan, induk ayam duduk/berjongkok di dekat telur ayam.


Hal ini terjadi karena pada hari rabu, 16 November 2011 sudah memasuki hari-hari akhir dari masa pengeraman telur. Sehingga telur yang dierami oleh induk ayam sudah siap untuk menetas.

F.     KESIMPULAN
Perilaku ayam pada saat mengerami telurnya adalah ayam selalu bergerak/bergeser di dalam kandang selama 5-6 hari awal masa pengeraman dan ayam turun dari kandang hari ke-15 atau ke-16 selama masa pengeraman. Pada saat turun dari kandang ini ayam mencari makan, mandi tanah, mematuki tubuhnya sendiri, dan bersikap agresif. Pada hari-hari akhir masa pengeraman ayam duduk di dekat telur, hal ini terjadi karenakan telur akan menetas.

DAFTAR PUSTAKA

Aminudin. 2006. Beternak Aneka Hewan Ternak. Jakarta: Karya Mandiri Pratama.
Isnaeni, Wiwi. 2006. Fisiologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius.
Rredaksi Agromedia. 2005. Beternak Ayam Kampung. Jakarta: Agro Media.
Sastroamidjojo, Seno. 1971. Beternak Ilmu Ayam. Bandung: Massa Baru.
Sukanto dan Sugeng H. R. 2001. Mari Beternak Ayam. Semarang: Aneka Ilmu.

13 comments:

  1. [tanya] dalam sehari, kira-kira berapa lama waktu yang dihabiskan sang ayam untuk mengerami telur-telur? berapa jam?
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. BONUS NEW MEMBER 20%

    CemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
    Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.

    Baca juga :
    http://www.cepok.org/cara-mendapatkan-uang-sampingan-di-situs-judi-online/

    http://www.cepok.org/tips-biar-menang-bermain-permainan-capsa-susun/

    http://www.cepok.org/cepok-panduan-cara-bermain-capsa-susun-online/

    Ayo gabung sekarang di Cepok.org

    ReplyDelete
  3. BOSAN KALAH MULU ? SEGERA GESER KE zeusbola

    MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU, MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA

    • Permainan Terlengkap & FairPlay
    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop
    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon
    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL ( Rate Tertinggi Dari Agen Lain )
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Berapapun Kemenangan Anda Di Bayar Tuntas !
    • Pendaftaran Free!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link Alternatif : WWW(.)ZEUSBOLA(.)WIN
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 0813-3355-2228

    Kunjungi Juga :
    https://medium.com/@shellynnita88/pertarungan-sabung-ayam-online-filipina-terbaik-1a5ec6b1f70b

    ReplyDelete
  4. BONUS 10% EVERY DAY!

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, keadaan agen Poker Online cadang pulsa adalah sebentuk biang judi yang memperhadapkan tontonan poker online pada kala ini sudah sekali sepele degnan hadirnya tontonan ini poker online endapan via pulsa kemudahan antep menggadang disebuah atraksi judi online yang mahir kita jumpai masa ini emang buah semenjak makin berkembangnya zaman dan teknologi kala ini didalam pementasan tandon online. Berdasarkan hanya memperuntukkan pulsa laksana kapital sedimen pertunjukan di bolazeus online, pemain sudah menjangkau aplusan yang hana menggadang beserta membela permainan.

    Bertingkah menahan pulsa didalam tontonan judi online tentunya memang tentu kian menyederhanakan anakbuah masa agan mengerjakan pergelaran tandon online. Dengan datangnya sedimen lewat pulsa maka petugas bakal dapat karena mudah berkualitas berpura-pura serta berperan pemenang didalam sepadan pergelaran poker. Pementasan poker online endapan dengan pulsa pastinya tentu menggerapai separuh profit bermegah-megah yang kuasa berwujud pulsa saja ataupun berwujud uang legal didalam seragam pertunjukan judi online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/poker-online-deposit-pakai-pulsa/
    http://134.209.98.69/bermain-judi-poker-online-pulsa-di-smartphone/
    http://134.209.98.69/situs-poker-depo-dengan-pulsa-terpercaya/


    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

    ReplyDelete
  5. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan master bandar mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Juga Sebagai Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    link alternatif zeusbola

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  6. bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita ayam bangkok
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan
    buktikan sendiri no Hoax... ^^

    info lbh lanjut:

    WA: +628122222995

    ReplyDelete
  7. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  8. Artiikelnya bagus kak, lebih bagus dari blog pemain ayam

    ReplyDelete
  9. DEPOSIT BISA VIA PULSA TELKOMSEL!

    Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa layanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap anda di agen judi online yang berperingkat International, valid dan terpercaya hanya di judi deposit pulsa.

    Juga Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.pw/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.pw/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    bonus deposit sabung ayam s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link alternatif zeusbola
    link zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  10. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    AGENS128
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete
  11. Zeusbola Situs Bandar Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan Rate, Menerima Deposit Ovo, Gopay, Dana, Linkaja, BTPN Jenius, All Bank Lokal Indonesia.

    Hubungi Kami Segera Sekarang Juga, Jangan Jadikan Diri Anda Seorang Yang Penasaran. Coba Keberuntungan Anda Sekarang Bersama Kami.

    == DAFTAR DISINI ==

    Hubungi Kami Melalui :

    CS Whatsapp I : (+62) 822 7710 4607
    CS Whatsapp II: (+62) 831 7602 1706
    Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
    Line : zeusbola
    Link Alternatif : https://zeus303.com/

    Daftar Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    ReplyDelete

  12. HANYA DENGAN 1 ID DAN APLIKASI

    Main Slot Online, Sabung ayam , Casino Online, Togel Online Terlengkap hanya di Mbo128 mainkan dgn pulsa tnpa potongan hny di Mbo128.

    https://linktr.ee/amel.nasution56

    ReplyDelete
  13. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BANDAR TOGEL TERPERCAYA MBO128 FREE ANGPAO

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/register

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete