Thursday, March 15, 2012

refleksi (tugas pak heru)


Refleksi
Saya menyukai pelajaran kimia. Saat masih di SMA dulu saya pernah melakukan praktikum kimia dan saya suka melakukannya bila ada praktikum. Nilai saya saat SMA berkisar antara 7 sampai 8 untuk nilai rapor, namun ada perubahan nilai pada setiap semesternya kadang membaik dan ada juga yang kurang memuaskan. Tidak ada yang mengarahkan saya masuk jurusan kimia, saya sendiri yang ingin masuk jurusan kimia. Saya masuk jurusan pendidikan kimia UNY karena di jurusan pendidikan kimia UNY mempunyai prodi pendidikan kimia yang bisa membimbing saya untuk menjadi guru. Saya memilih prodi pendidikan karena saya ingin menjadi guru. Saya berminat menjadi guru karena menjadi guru merupakan pekerjaan yang menyenangkan selain itu saya masih mempunyai waktu untuk merawat anak saya kelak karena pekerjaan menjadi guru salah satu pekerjaan yang flexibel. Saya mempunyai sosok guru idola di SMA namun sayangnya beliau bukan merupakan guru kimia. Saya mengidolaka beliau karena beliau mempunyai cara mengajar yang baik, jujur, tegas, dan bisa dekat dengan siswanya.
Perasaan saya setelah kuliah di UNY adalah senang. Jujur saya belum terlalu memahami materi Kimia Dasar I walaupun saat SMA ada materi yang telah dipelajari namun saya merasa belum mampu menguasai materi Kimia Dasar I. Saya memperoleh nilai B+ untuk mata kuliah Kimia Dasar I. Saya merasa praktikum Kimia Dasar I tidak sesuai dengan perkiraan saya sebelumnya karena teman teman satu kelompok saya masih ada yang bersikap egois dan tidak mau memberi kesempatan kepada teman yang lain untuk melakukan praktikum. Saya mengharapkan kuliah Kimia Dasar II berlangsung dengan menyenangkan dan dapat membuat mahasiswa paham dengan materi Kimia Dasar II. Saya menginkan nilai minimal untuk kuliah Kimia Dasar II adalah B+. Yang saya ketahui tentang dosen Kimia Dasar II dari kakak tingkat adalah pak Heru orangnya enak. Yang saya harapkan dari dosen Kimia Dasar II adalah bapak dosen dapat membuat mahasiswa paham dengan materi Kimia Dasar II sehingga mahasiswa dapat mempunyai nilai yang memuaskan untuk kuliah Kimia Dasar II. Saya bersedia untuk belajar mandiri.
Seaindainya saya sudah lulus saya akan tetap berminat menjadi guru karena saya sejak awal sudah berniat menjadi guru. Saya mau bertugas di daerah terpencil karena harapan saya adalah pendidikan di seluruh daerah di Indonesia ini sama rata antara di kota atau di daerah terpencil. Saya bersedia tetap belajar dan menambah pengetahuan jika kelak sudah menjadi guru. Karena di zaman sekarang informasi sudah mudah di dapat dan semakin maju, maka dengan semakin majunya teknologi sebagai guru yang baik saya juga harus bisa mengikuti perkembangannya dan menggunakannya untuk membantu proses belajar mengajar.

0 comments:

Post a Comment