Pap-eR untuk ide “Angka
oktan pada bensin”
Memahami
apa itu angka oktan
PaP-eR ini mendiskusikan tentang
pentingnya mengembangkan pemahaman siswa tentang konsep angka oktan yang
menyatakan kualitas dari suatu jenis bensin.
Bensin merupakan salah satu hasil dari
distilasi bertingkat minyak bumi. Sebelum mempelajari mengenai angka oktan,
siswa belajar terlebih dahulu mengenai minyak bumi terutama mengenai proses
fraksinasi minyak bumi (pemisahan minyak bumi dengan cara distilasi
bertingkat). Saya menganggap ide mengenai angka oktan pada bensin ini cenderung
mudah dipahami oleh siswa dan sering didengar oleh siswa. Namun, berdasarkan
pengalaman siswa belum mengetahui dengan sungguh-sungguh apa itu angka oktan
dan jenis bensin dengan angka oktan yang tepat untuk kendaraan bermotor.
Beberapa percakapan yang mungkin terjadi
antara siswa dalam kelompok ketika mereka melakukan pengamatan tentang bensin,
seperti:
A : apa yang terjadi?
B : warnanya berbeda beda
A : Apakah semua itu termasuk dalam
kategori bensin?
B : Mungkin, setahu saya yang berwarna
kuning itu adalah bensin jenis premium
X : Apa itu yang berwarna biru
kehijauan?
Y : Sepertinya itu bukan premium, apakah
itu pertamax?
Ketika siswa melakukan diskusi ketika
melihat perbandingan jenis-jenis bensin yang ada di Indonesia ketika ditinjau
dari warnanya. Siswa mengamati perubahan warna yang ada pada berbagai jenis
bensin yang ada, akan tetapi masih banyak yang belum mengaitkan degan topik
utama, yaitu mengenai angka/bilangan oktan. Oleh karena itu, saya berusaha
melakukan beberapa hal seperti memancing siswa untuk bertanya sebelum
membimbing mereka lebih lanjut melalui diskusi mandiri dalam kelompok. Ketika
siswa dipancing untuk bertanya maka secara tidak langsung saya arahkan kepada
ide bahwa masing-masing jenis bensin yang ada di pasaran memiliki angka oktan
yang berbeda-beda.
Kami melakukan aktivitas yang berupa
diskusi untuk menggali lebih dalam pengetahuan mengenai bensin, khususnya mengenai
angka oktan. Siswa diajak memikirkan mengenai perbedaan berbagai jenis bensin
secara fisik dan diikuti dengan sifat kimianya. Siswa juga diajak memikirkan
mengenai hubungan antara pembakaran yang terjadi dalam mesin dengan angka oktan
yang terdapat pada bensin.
Ketika saya berpikir siswa mempunyai
ide, saya mendorong mereka untuk semakin ingin tahu mengenai angka oktan. Siswa
kemudian saya arahkan untuk mulai mencari tahu serta mendiskusikan jawaban
bersama anggota kelompoknya. Saya memberikan lembar pemasalahan untuk didiskusi
oleh peseta didik dalam kelompok kecil.
Apakah
angka oktan pada bensin itu?
|
|
Permasalahan
|
Keputusan
kelompok (serta alasan)
|
Kenapa bensin yang ada di Indonesia
memiliki beberapa warna?
|
|
Apa saja kandungan pada bensin?
|
|
Kenapa ada bensin yang disebut
pertamax 92?
|
|
Apa perbedaannya dengan premium?
|
|
Bensin manakah yang bagus untuk
kendaraan kita?
|
Sebagai perkembangan diskusi, saya berkeliling
dan mendengarkan. Percakapan yang mungkin muncul:
A : kenapa disebut dengan angka oktan?
B : apa karena terdapat senyawa oktana
di dalam bensin?
X : Bensin terdiri dari senyawa apa
saja?
Y : mungkin senyawa oktana, karena ada
yang disebut dengan bilangan oktan dalam bensin
X : Apakah pertamax 92 dan 95 termasuk
jenis bensin?
Y : sepertinya iya, lalu apakah solar
juga suatu bensin?
C : Kenapa ada 2 jenis pertamax dan ada
juga yang disebut premium?
D : Mungkin ada hubungannya dengan nilai
oktan atau adakah faktor lain yang mempengaruhinya
Jika saya mendengar apa yang dikatakan
oleh D maka saya akan menyimpan ide yang dikemukakan oleh D untuk pelajaran
selanjutnya ketika saya ingin mengembangkan materi mengenai zat-zat yang
mempengaruhi angka oktan. Saya ingin siswa mengetahui bahwa ada banyak zat yang
dapat ditambahkan ke dalam bensin dan dapat
mempengaruhi angka oktan dari suatu bensin. Saya juga ingin siswa tahu
bahwa ada beberapa zat aditif yang ditambahkan dapat menghasilkan efek negatif.
Pada akhirnya saya ingin agar peserta
didik dapat mempertimbangkan bensin yang memiliki angka oktan yang sesuai
dengan kendaraan bermotor yang sering digunakan oleh siswa. Seperti percakapan
yang mungkin terjadi pada paparan sebelumnya:
A : Apa yang terjadi?
B : Beberapa jenis bensin memiliki warna
yang berbeda untuk membedakan secara fisik angka oktannya.
A : Apakah bedanya bensin dengan angka
oktan yang berbeda-beda itu
B : Semakin tinggi angka oktannya maka
semakin baik kualitas dari suatu bensin
X : Apa perbedaan premium dengan
pertamax?
Y : Selain angka oktannya yang berbeda,
pada pertamax biasanya ditambahkan zat aditif lain yang memiliki efekyang
positif bagi mesin kendaraan
Percakapan seperti ini antara siswa
menjelaskan saya bahwa siswa mulai paham mengenai angka oktan yang ada pada
kendaraan. Tidak hanya pada sifat fisiknya saja tetapi mulai mengetahui sifat
bensin secara mendalam/secara kimia dan siswa siap untuk belajar lebih lanjut
mengenai bensin.
0 comments:
Post a Comment