Friday, December 19, 2014

Content Representation (CoRe) Pelajaran Kimia Materi Minyak Bumi



Content Representation (CoRe) Minyak Bumi untuk Program Studi Teknik Otomotif

No
Pertanyaan
Ide/Konsep Besar
Minyak Bumi
Fraksinasi minyak bumi
Bensin
Solar
Oli
Pengolahan oli bekas
Dampak pembakaran minyak bumi
Upaya mengurangi dampak pembakaran minyak bumi
1
Apa yang anda inginkan untuk dipelajari siswa dari ide ini
Proses pembentukan minyak bumi dan penggolahan minyak bumi.
Proses fraksinasi minyak bumi dan macam-macam hasil fraksinasi minyak bumi.
Kualitas bensin, sifat bensin, angka oktan, struktur dari komponen penyusun bensin, zat aditif yang ditambahkan pada bensin, kontaminan pada bensin.
Sifat solar, kualitas solar, angka cetan, zat aditif pada solar, keuntungan dan kerugian pemakaian solar, kontaminan pada solar.
Kegunaan oli, jenis oli, kontaminan yang terdapat pada oli
Proses pengolahan oli bekas
Dampak pembakaran minyak bumi, terutama bahan bakar kendaraan bermotor terhadap lingkungan dan kesehatan.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pembakaran minyak bumi, terutama bahan bakar kerndaraan bermotor.
2
Mengapa hal ini penting untuk diketahui oleh siswa (terkait dengan kompetensi keahlian)
Pemahaman mengenai minyak bumi menjadi dasar bagi siswa untuk memahami senyawa hasil pengolahan minyak bumi
Agar siswa memahami proses fraksinasi minyak bumi.
Agar siswa memahami sifat, karakteristik dan jenis bensin.
Agar siswa memahami sifat dan karakteristik  solar.
Agar siswa memahami sifat dan karakteristik  oli.
Agar siswa memahami proses pengolahan oli bekas sehingga dapt meminimalisir pencemaran lingkungan.
Dengan pemahaman mengenai dampak pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang berasal dari minyak bumi siswa dapat meminimalisir dampak dari pembakaran bahan bakar minyak bagi lingkungan dan kesehatan.
Dengan adanya pemahaman mengenai upaya penanggulangan dampak pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor, siswa dapat ikut serta melakukan aksi nyata untuk meminimalisir dampak dari pembakaran bahan bakar minyak.
3
Hal lain dari ide/konten ini yang anda ketahui tetapi belum saatnya diketahui siswa
Proses pencarian lahan yang mengandung minyak bumi sehingga dapat dilakukan penambangan.
Rumus senyawa hasil fraksinasi minyak bumi.
Struktur zat aditif yang ditambahkan pada bensin, penggunaan bahan bakar alternatif pengganti bensin.
Penggunaan bahan bakar alternatif pengganti solar.
Perbedaan oli mineral dengan oli sintetis.
Standar penggunaan oli (viskositas oli) di berbagai negara.
Senyawa-senyawa yang berkontribusi dalam memberikan efek negatif dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor.
Penggunaan bahan bakar alternatif.
4
Kesulitan/keterbatasan yang terkait dengan cara mengajarkan konten ini
Struktur senyawa minyak mentah yang sulit.
 Kesulitan dalam hal penyamaan persepsi mengenai perbedaan jumlah fraksi minyak bumi dari berbagai literatur.
Keterbatasan dalam penamaan senyawa dalam bensin secara IUPAC
Keterbatasan dalam penamaan senyawa dalam solar secara IUPAC
Kesulitan dalam menunjukkan reaksi kimia yang terjadi pada penggunaan oli.
Kesulitan dalam menunjukkan contoh nyata pengolahan oli bekas yang ada di sekitar kita.
­-
-
5
Pengetahuan akan pemikiran siswa yang mempengaruhi cara anda mengajarkan konten ini
Minyak bumi mengandung kata bumi yang mengacu bahwa minyak bumi diambil/ditambang dari dalam bumi. Proses pembentukan minyak berlangsung selama berjuta-juta tahun.
Terdapat banyak senyawa yang dihasilkan dari fraksinasi minyak bumi.
Pertamax memiliki kualitas yang lebih baik daripada bensin dan memiliki harga yang lebih tinggi.
Solar digunakan dalam kendaraan bermesin diesel.
Oli digunakan sebagai pelumas mesin.
Oli pada kendaraan bermotor yang bekas berwarna hitam legam dan menyebabkan pencemaran.
Pembakaran minyak bumi, terutama bahan bakar kendaraan bermotor mengakibatkan beberapa dampak negatif.
Dampak pembakaran terutama bahan bakar kendaraan bermotor perlu ditanggulangi karena udara yang ada di  sekitar semakin tercemar.
6
Faktor lain yang mempengaruhi cara anda mengajarkan konten ini
Keterbatasan waktu untuk mempelajari materi secara menyeluruh.
Keterbatasan waktu untuk mempelajari materi secara menyeluruh karena banyak senyawa yang dihasilkan dari fraksinasi minyak bumi.
Keterbatasan pengetahuan awall siswa mengenai bensin.
Keterbatasan pengetahuan awall siswa mengenai solar.
Keterbatasan waktu.
Keterbatasan pengetahuan siswa.
Keterbatasan pengetahuan siswa.
Keterbatasan pengetahuan siswa.
7
Prosedur mengajar (dan alasan khusus untuk menggunakannya)
Diskusi kelompok (siswa mendiskusikan proses pembentukan dan penggolahan minyak bumi sebagai awa pengetahuan siswa mengenai materi minyak bumi).
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai fraksinasi minyak bumi dan guru memberi penguatan kepada siswa).
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai karakteristik dan sifat bensin kemudian guru memberi penguatan kepada siswa).
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai karakteristik dan sifat solar kemudian guru memberi penguatan kepada siswa).
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai karakteristik oli kemudian guru memberi penguatan kepada siswa).
Diskusi informasi (siswa dihadapkan pada isu mengenai fakta oli bekas kendaraan bermotor jumlahnya sangat banyak dan belum diolah secara optimal).
Diskusi kelompok (siswa dihadapkan pada isu kendaraan bermotor jumlahnya sangat banyak dan mengakibatkan berbagai dampak negatif).
Diskusi kelompok (siswa mendiskusikan hal-hala yang dapat dilakukann untuk menanggulangi dampak pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor).
8
Cara spesifik unntuk memastikan pemahaman atau kebingungan siswa mengenai konten inni
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.

0 comments:

Post a Comment