Content Representation (CoRe) Minyak Bumi untuk Program Studi
Teknik Otomotif
No
|
Pertanyaan
|
Ide/Konsep
Besar
|
|||||||
Minyak
Bumi
|
Fraksinasi
minyak bumi
|
Bensin
|
Solar
|
Oli
|
Pengolahan
oli bekas
|
Dampak
pembakaran minyak bumi
|
Upaya
mengurangi dampak pembakaran minyak bumi
|
||
1
|
Apa yang anda inginkan untuk dipelajari siswa
dari ide ini
|
Proses pembentukan minyak bumi dan penggolahan
minyak bumi.
|
Proses fraksinasi minyak bumi dan macam-macam
hasil fraksinasi minyak bumi.
|
Kualitas bensin, sifat bensin, angka oktan, struktur
dari komponen penyusun bensin, zat aditif yang ditambahkan pada bensin,
kontaminan pada bensin.
|
Sifat solar, kualitas solar, angka cetan, zat
aditif pada solar, keuntungan dan kerugian pemakaian solar, kontaminan pada
solar.
|
Kegunaan oli, jenis oli, kontaminan yang terdapat
pada oli
|
Proses pengolahan oli bekas
|
Dampak pembakaran minyak bumi, terutama bahan
bakar kendaraan bermotor terhadap lingkungan dan kesehatan.
|
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi
dampak pembakaran minyak bumi, terutama bahan bakar kerndaraan bermotor.
|
2
|
Mengapa hal ini penting untuk diketahui oleh
siswa (terkait dengan kompetensi keahlian)
|
Pemahaman mengenai minyak bumi menjadi dasar bagi
siswa untuk memahami senyawa hasil pengolahan minyak bumi
|
Agar siswa memahami proses fraksinasi minyak
bumi.
|
Agar siswa memahami sifat, karakteristik dan
jenis bensin.
|
Agar siswa memahami sifat dan karakteristik solar.
|
Agar siswa memahami sifat dan karakteristik oli.
|
Agar siswa memahami proses pengolahan oli bekas
sehingga dapt meminimalisir pencemaran lingkungan.
|
Dengan pemahaman mengenai dampak pembakaran bahan
bakar kendaraan bermotor yang berasal dari minyak bumi siswa dapat
meminimalisir dampak dari pembakaran bahan bakar minyak bagi lingkungan dan
kesehatan.
|
Dengan adanya pemahaman mengenai upaya
penanggulangan dampak pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor, siswa dapat
ikut serta melakukan aksi nyata untuk meminimalisir dampak dari pembakaran
bahan bakar minyak.
|
3
|
Hal lain dari ide/konten ini yang anda ketahui
tetapi belum saatnya diketahui siswa
|
Proses pencarian lahan yang mengandung minyak
bumi sehingga dapat dilakukan penambangan.
|
Rumus senyawa hasil fraksinasi minyak bumi.
|
Struktur zat aditif yang ditambahkan pada bensin,
penggunaan bahan bakar alternatif pengganti bensin.
|
Penggunaan bahan bakar alternatif pengganti
solar.
|
Perbedaan oli mineral dengan oli sintetis.
|
Standar penggunaan oli (viskositas oli) di
berbagai negara.
|
Senyawa-senyawa yang berkontribusi dalam
memberikan efek negatif dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor.
|
Penggunaan bahan bakar alternatif.
|
4
|
Kesulitan/keterbatasan yang terkait dengan cara
mengajarkan konten ini
|
Struktur senyawa minyak mentah yang sulit.
|
Kesulitan
dalam hal penyamaan persepsi mengenai perbedaan jumlah fraksi minyak bumi
dari berbagai literatur.
|
Keterbatasan dalam penamaan senyawa dalam bensin
secara IUPAC
|
Keterbatasan dalam penamaan senyawa dalam solar
secara IUPAC
|
Kesulitan dalam menunjukkan reaksi kimia yang
terjadi pada penggunaan oli.
|
Kesulitan dalam menunjukkan contoh nyata
pengolahan oli bekas yang ada di sekitar kita.
|
-
|
-
|
5
|
Pengetahuan akan pemikiran siswa yang
mempengaruhi cara anda mengajarkan konten ini
|
Minyak bumi mengandung kata bumi yang mengacu
bahwa minyak bumi diambil/ditambang dari dalam bumi. Proses pembentukan
minyak berlangsung selama berjuta-juta tahun.
|
Terdapat banyak senyawa yang dihasilkan dari
fraksinasi minyak bumi.
|
Pertamax memiliki kualitas yang lebih baik
daripada bensin dan memiliki harga yang lebih tinggi.
|
Solar digunakan dalam kendaraan bermesin diesel.
|
Oli digunakan sebagai pelumas mesin.
|
Oli pada kendaraan bermotor yang bekas berwarna
hitam legam dan menyebabkan pencemaran.
|
Pembakaran minyak bumi, terutama bahan bakar
kendaraan bermotor mengakibatkan beberapa dampak negatif.
|
Dampak pembakaran terutama bahan bakar kendaraan
bermotor perlu ditanggulangi karena udara yang ada di sekitar semakin tercemar.
|
6
|
Faktor lain yang mempengaruhi cara anda
mengajarkan konten ini
|
Keterbatasan waktu untuk mempelajari materi
secara menyeluruh.
|
Keterbatasan waktu untuk mempelajari materi
secara menyeluruh karena banyak senyawa yang dihasilkan dari fraksinasi
minyak bumi.
|
Keterbatasan pengetahuan awall siswa mengenai
bensin.
|
Keterbatasan pengetahuan awall siswa mengenai
solar.
|
Keterbatasan waktu.
|
Keterbatasan pengetahuan siswa.
|
Keterbatasan pengetahuan siswa.
|
Keterbatasan pengetahuan siswa.
|
7
|
Prosedur mengajar (dan alasan khusus untuk
menggunakannya)
|
Diskusi kelompok (siswa mendiskusikan proses pembentukan
dan penggolahan minyak bumi sebagai awa pengetahuan siswa mengenai materi
minyak bumi).
|
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai
fraksinasi minyak bumi dan guru memberi penguatan kepada siswa).
|
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai
karakteristik dan sifat bensin kemudian guru memberi penguatan kepada siswa).
|
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai
karakteristik dan sifat solar kemudian guru memberi penguatan kepada siswa).
|
Diskusi informasi (siswa mendiskusikan mengenai karakteristik
oli kemudian guru memberi penguatan kepada siswa).
|
Diskusi informasi (siswa dihadapkan pada isu
mengenai fakta oli bekas kendaraan bermotor jumlahnya sangat banyak dan belum
diolah secara optimal).
|
Diskusi kelompok (siswa dihadapkan pada isu kendaraan
bermotor jumlahnya sangat banyak dan mengakibatkan berbagai dampak negatif).
|
Diskusi kelompok (siswa mendiskusikan hal-hala
yang dapat dilakukann untuk menanggulangi dampak pembakaran bahan bakar
kendaraan bermotor).
|
8
|
Cara spesifik unntuk memastikan pemahaman atau
kebingungan siswa mengenai konten inni
|
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.
|
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.
|
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
|
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
|
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
|
Mengerjakan latihan soal, tes tertulis.
|
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.
|
Presentasi hasil diskusi, tes tertulis.
|
0 comments:
Post a Comment